Harga Bibit Jeruk Satsuma Siap Tanam

Jeruk satsuma sebenarnya merupakan jenis jeruk mandarin yang berasal asli dari Jepang. Jeruk satsuma ini memiliki ukuran buah yang lumayan kecil dan tidak memiliki biji. Jeruk satsuma ini memang cocok sekali bagi anda yang menyukai buah jeruk tanpa biji. Jeruk satsuma ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh kita antara lain vitamin  C dan B1, potasium, kalsium, mineral dan karbohidrat. Berikut ada beberapa paparan mengenai manfaat dari jeruk satsuma :

  • Jeruk satsuma dapat memperlancar BAB, vitamin C yang terdapat pada jeruk satsuma dapat memperlancar BAB yang macet. Hal ini tentunya berguna sekali untuk memperlancar proses pencernaan.
  • Jeruk satsuma dapat mencegah penyakit osteoporosis, kandungan kalsium yang terdapat pada jeruk satsuma cukup untuk menjaga kesehatan tulang tubuh kita.
  • Jeruk satsuma dapat menyehatkan kulit tubuh, kandungan mineral dan vitamin yang terdapat dalam jeruk satsuma ini dapat membuat kulit tetap sehat. Hal ini tentunya sangat cocok dikonsumsi bagi para wanita juga.

 Tanaman Jeruk Satsuma merupakan tanaman yang dapat tumbuh subur di daerah yang memiliki ketinggian rata – rata  0 hingga 4000 mdpl. Untuk suhu nya juga sangat disesuaikan yang mana berfungsi untuk tanaman Jeruk Satsuma yang berkisar antara 25 – 30 derajat celcius atau rata – rata ketika suhunya mencapai 20 derajat celcius.

Harga Bibit Jeruk Satsuma Siap Tanam

Tanaman buah Jeruk Satsuma ini juga sangat memerlukan curah hujan yang cukup yakni tidak melebihi kadar 1.200 mm per tahunnya,tanaman Jeruk Satsuma ini setidaknya harus ditanam di daerah yang memiliki cukup akan paparan sinar matahari apabila kurang sinar matahari maka hal ini akan berdampak dan juga mempengaruhi rasa pada buah Jeruk Satsumanya, dengan kondisi semacam itu maka buah Jeruk Satsuma akan terasa sangat pahit dan kadang bercampur antara pahit dan masam. Tanaman Jeruk Satsuma juga sangat menyukai tanah yang sangat gembur.

Manfaat Jeruk Satsuma bagi tubuh

  • Dapat mengobati berbagai macam jenis penyakit terutama sariawan, seperti yang kita ketahui bahwa buah Jeruk Satsuma ini sangat kaya akan kandungan vitamin C yang mana kandungan vitamin c di dalam buah Jeruk Satsuma sangat mendominasi dan juga berguna sekali dalam hal memberantas penyakit sariawan. Penyakit sariawan ini sebenarnya muncul karena tubuh kita sangat kekurangan asupan vitamin C.
  • Buah Jeruk Satsuma ini juga berfungsi sebagai zat antioksidan yang sangat dibutuhkan bagi tubuh, buah Jeruk Satsuma ini selain juga kaya akan kandungan vitamin C juga banyak mengandung zat anti radikal bebas. Hal ini tentunya sangat menyehatkan bagi tubuh kita.
  • Menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh,tanaman Jeruk Satsuma ini banyak mengandung pectin yang mana senyawa tersebut sangat berguna sekali untuk mengontrol kadar kolesterol  yang ada di dalam tubuh khususnya kolesterol yang bersifat jahat. Tentunya mengkonsumsi buah Jeruk Satsuma ini merupakan cara alami dan tentunya aman.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh, tentunya kandungan vitamin C yang ada dalam Jeruk Satsuma bukan hanya untuk menyembuhkan sariawan tetapi juga meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga tubuh kita lebih kebal terhadap berbagai macam penyakit.

Budidaya bibit pohon Jeruk Satsuma

·         Syarat tumbuh pohon Jeruk Satsuma

Pohon Jeruk Satsuma ini tumbuh baik di daerah yang memiliki ketinggian mencapai 0 – 400 mdpl. Untuk suhu optimalnya sekitar 25 derajat celcius sampai 30 derajat celcius atau bisa juga rata – rata 20 derajat celcius. Daerah yang memiliki curah hujan sekitar 100 – 1.200 mm per bulannya cocok untuk ditanami pohon Jeruk Satsuma ini. Pohon Jeruk Satsuma ini nantinya membutuhkan 3 bulan masa kering dalam perkembangannya. Lokasi pembudidayaan nya pun juga harus diperhatikan , pohon Jeruk Satsuma ini bila ditanam di daerah dataran terlalu tinggi mengakibatkan kulit buah yang dihasilkan nanti terlalu tebal dan rasanya juga agak pahit. Hal ini yang kadang sering menjadi menurunnya peminat Jeruk Satsuma. Siapkan juga aliran drainase yang baik untuk lahan yang akan dijadikan sebagai budidaya pohon Jeruk Satsuma.

Harga Bibit Jeruk Satsuma Siap Tanam

·         Tahap penentuan lokasi budidaya pohon Jeruk Satsuma

Untuk lokasi yang baik untuk budidaya pohon Jeruk Satsuma sebaiknya memiliki suhu udara yang hangat (tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin). Untuk ketinggian , semua jenis Jeruk Satsuma memiliki jenis penyesuaian yang berbeda – beda terhadap ketinggian lahan. Faktor curah hujan juga sangat berpengaruh untuk pertumbuhan pohon Jeruk Satsuma ini. Untuk pohon pelindung / peneduh sebaiknya jangan menanamnya dalam jumlah yang banyak karena akan menghalangi sinar matahari yang seharusnya bisa diserap oleh pohon Jeruk Satsuma mengingat pohon Jeruk Satsuma sangat membutuhkan sinar matahari yang cukup. Perhatikan juga kondisi tanah yang ada di sekitar lahan budidaya pohon Jeruk Satsuma. Tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman tentunya tinggi akan humus dan unsur hara.

·   Tahap pemilihan bibit pohon Jeruk Satsuma

Berikut ini ada beberapa tips mengenai cara memilih bibit Jeruk Satsuma yang berkualitas dan bebas dari hama dan penyakit. :

  • Pastikan bibit Jeruk Satsuma tersebut dalam kondisi yang sehat dalam arti daunnya tidak kering atau bolong – bolong, batangnya tegak, dan tidak kurus kempes.
  • Pastikan bibit pohon Jeruk Satsuma yang akan dipilih nanti sesuai dengan induknya, akan lebih baik bila begitu. Karena bila bibit pohon Jeruk Satsuma nantinya memiliki sifat yang baru maka cenderung tidak memiliki kualitas unggul.
  • Perhatikan juga akar yang dimiliki oleh bibit pohon Jeruk Satsuma, apabila pohon Jeruk Satsuma tersebut berakar serabut pilihlah akar serabut yang lebat, sedangkan apabila bibit pohon Jeruk Satsuma memiliki akar tunggang pilih akar tunggang yang ukurannya sedang.
  • Untuk tips yang terakhir hendaknya kita pilih – pilih para petani yang menjual bibit pohon Jeruk Satsuma. Karena di masa sekarang ini banyak sekali penipuan yang merugikan para pembeli bibit pohon Jeruk Satsuma. Untuk itu pastikan penjual bibit yang kita datangi itu sudah terpercaya.

Proses penanaman bibit pohon Jeruk Satsuma

Proses penanaman bibit pohon Jeruk Satsuma baik dilakukan pada saat awal memasuki musim penghujan (sekitar bulan Oktober – Desember). Untuk ukuran lubang tanam yang ideal untuk bibit pohon Jeruk Satsuma adalah 30 cm x 30 cm x 30 cm. Siapkan juga jarak tanam per bibit pohon Jeruk Satsuma dengan ukuran jarak 5 m x 5 m.

·  Masa panen pohon jeruk satsuma

Untuk pohon buah jeruk satsuma yang sudah siap panen bisa dilihat dari bentuk fisik dan sedikit berubahnya warna kulit buah yang akan dihasilkan. Pohon jeruk satsuma ini biasanya akan mulai dipanen ketika mencapai usia 28 minggu – 30 minggu. Pemotongan buah jeruk satsuma dari pohonnya ini sejatinya juga harus dilakukan secara hati – hati dan seksama,pastikan jangan sampai merusak bagian tangkainya karena akan merusak produksi buah pada masa panen berikutnya.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*