Binatang Hama di Sawah Petani

Binatang Hama di Sawah Petani

Hama merupakan masalah serius yang sering dihadapi oleh para petani. Munculnya hama tentu akan membuat petani mengalami repot. Bagimana tidak, jika tidak segera diatasi maka binatang hama di sawah akan membuat para petani mengalami kerugian besar bahkan menjadi gagal panen.

Jenis hama dan penyakit yang seringkali muncul pada musim tanam bisa dibilang sangat bervariarsi. Beberapa jenis hama tersebut adalah keong mas, tikus, penggerak batang, walang sangit dan lainnya. Nah, untuk lebih jelasanya mari simak penjelasan selengkapnya mengenai beberapa hama tersebut.

1. Keong Mas

Hama keong mas biasanya akan menyerang tanaman padi saat masa vegetatif. Keong mas akan merusak tanaman padi dengan memakan daun-daun tanama padi atau bibit tanaman padi yang mulai ditanam.

2. Tikus

Hama tikus biasanya akan menyerang tanaman ketika tanaman padi masih menjadi bibit sampai memasuki masa panen. Tikus mulai aktif menyerang tanaman pada saat malam hari karena biasannya mereka akan bersembunyi di siang hari. Perkembangbiakannya pun sangat cepat dan mampu merusak tanaman padi dalam waktu yang cukup cepat pula.

3. Penggerak Batang

Hama penggerak batang ini juga biasa disebut dengan sundep. Serangan biasanya akan terjadi pada saat fase vegetatif yang ditandai dengan daun tengah atau pucuk tanaman yang sudah mati karena titik tumbuh telah dimakan oleh larva penggerak batang.

4. Walang Sangit

Hama walang sangit biasanya akan menyerang bulir tanaman padi dengan cara menghisap cairan sehingga akan mengakibatkan padi yang dihasilkan nantinya berwarna coklat, hampa, berkerut dan rasannya pun kurang enak. Serangan yang sangat para ini akan membuat hasil panen padi menjadi jelek dan dapat menurunkan produkstivitas hasil panen.

5. Burung

Hama burung bisanya akan langsung memakan bulir tanaman padi yang telah menguning sehingga akan menyebabkan kehilangan hasil panen secara langsung. Hama burung juga akan mengakibatkan patahnya malai padi. Maka dari itu, hama burung ini penting untuk selalu diwaspadai karena bisa menimbulkan kerugian secara langsung.

Baca juga : AgroBibitTanaman.com

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*