5 Jenis Senapan Angin

5 Jenis Senapan Angin

Sebelum melakukan pembelian senapan angin, maka penting sekali untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis-jenis senapan angin yang ada. Setiap jenis senapan angin sudah pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Jenis senapan angin yang kebanyakan beredar di pasaran Indonesia adalah spring system (per), gejluk, co2, multi pump pneumatic (pompa) dan juga pre charged pneumatic (pcp).

Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya dari setiap jenis senapan angin tersebut :

  1. Multi pump pneumatic (pompa)

Senapan angin dengan memanfaatkan udara yang dimampatkan pada bagian tabung senapan angin dengan cara memompa lever pada senapan. Umumnya senapan dapat dilakukan pemompaan sebanyak 16 kali dan hanya dapat digunakan untuk satu kali tembakan saja.

Jumlah pompa yang diperlukan bisa disesuaikan dengan angin, jarak, jenis buruan, dan beberapa faktor yang lainya. Seperti misalnya akan dibutuhkan sebanyak 8 kali pompa untuk dapat menjatuhkan burung terukur pada jarak sekitar 200 m dengan tembakan di bagian tubuh.

Senapan angin ini merupakan jenis senapan yang paling banyak tersedia dan mempunyai harga paling mudah mulai dari 150 ribu, sampai dengan 20 juta rupiah. Tentunya untuk kualitas sangat menentukan harganya tetapi yang paling mahal belum tentu pula yang paling baik.

Beberapa jenis senapan angin pompa yang terbukti bagus kualitasnya adalah senapan angin sharp innova, sharp tiger, dan masih banyak lagi lainnya. Jadi beberapa kelebihan yang dimiliki senapan angin pompa yaitu : memilih harga murah, tembakan halus hanya dengan sedikit recoil, dan kekuatan bisa disesuaikan. Sedangkan untuk kekurangannya yaitu : Memakan tempat serta waktu dalam memompa, akan sangat melelahkan saat melakukan pompa.

  • Spring System (per)

Spring System (per) adalah sebuah senapan angin yang menggunakan per untuk dapat mengkompresi udara di dalam piston dan silinder untuk bisa menghasilkan kekuatan. Senapan ini sangat praktis untuk di gunakan karena hanya memerlukan satu kali kokang saja untuk bisa melakukan tembakan.

Tetapi dibutuhkan kekuatan fisik yang sangat mumpuni juga dalam mengokang senapan angin ini, dibutuhkan kekuatan hingga sebesar 15 kg sampai 20 kg. Kekuatan yang bisa dihasilkan memang sangat besar, bahkan bisa mencapai 1000 fps (feet per second), tetapi untuk recoil dan juga suara yang dihasilkan juga akan sangat besar, sedikit kesalahan teknik bisa mengakibatkan cidera karena recoil yang terlalu besar, umumnya terjadi pada bahu.

Pemakaian bisa melemahkan per yang telah digunakan yang memiliki pengaruh secara langsung pada penurunan kekuatan nantinya,  tetapi per untuk senapan angin jenis yang satu ini sudah cukup banyak ada dan dijual di pasaran.

Kesimpulannnya, kelebihan yang dimiliki oleh senapan angin adalah memiliki kekuatan yang besar, sangat praktis dan memiliki bentuk yang bagus. Sedangkan untuk kekurangannya adalah dibutuhkan kekuatan yang besar, suara besar, recoil besar, dan berat.

  • Senapan Angin Gejluk

Jenis senapan angin yang satu ini sangat cocok sekali bagi Anda yang sedang mencari senapan angin dengan power sangat besar dan cukup praktis. Senapan angin gejluk umumnya digunakan untuk berburu medium sampai dengan big game seperti musang, biawak, dan babi hutan.

Senapan angin geluk memakai pompa kaki yang dikocok sampai ratusan kali untuk dapat menghasilkan beberapa tembakan. Di Indonesia sendiri, senapan angin gejluk ini diproduksi secara lokal yang memiliki kualitas baik sama seperti halnya senapan gejluk sanaji.

Kelebihan yang dimiliki oleh senapan angin gejluk adalah sangat praktis dan memiliki kekuatan yang besar. Sedangkan untuk kekuranganya adalah pengguna akan merasa sangat lelah dalam memompa, dan masih sedikit sekali yang telah beredar di pasaran.

  • Pre Charged Pneumatic (PCP)

Senapan angin PCP mendapatkan kekuatan langsung dari udara yang telah dimampatkan ke dalam tabung khusus kemudian diintegrasikan dengan senapan. Senapan angin ini mampu untuk menghasilkan kekuatan yang cukup besar mulai dari 1000 sampai dengan 3000 PSI.

PCP hanya bisa dipompa melalui tabung secara khusus yang mempunyai tekanan 4800 sampai dengan 5000 PSI, jadi jangan harap jika tabung ban sebuah mobil hanya mempunyai tekanan 100 sampai 200 PSI mampu untuk mengisi senapan PCP Anda.

Hanya dengan sekali pompa dari tabung yang khusus, mampu menghasilkan hingga lebih dari 4 tembakan. Tetapi harga tabung khusus senapan PCP sangat mahal, demikian pula dengan harga senapan anginnya.

Jadi kelebihan yang dimiliki oleh senapan ini yaitu memiliki kekuatan besar, sangat praktis, dan tersedia dengan ukuran proyektil yang besar. Sedangkan kekurangannya adalah pada harga senapan anginnya yang mahal, tabungnya mahal, dan untuk penjual juga masih sangat terbatas.

  • CO2

Senapan Angin yang menggunakan co2 yang telah dikompresi dalam tabung kecil. Sistem yang digunakan sama dengan gbb airsoftgun, tetapi hanya memiliki perbedaan pada proyektil.  Senapan angin yang tersedia dengan mode semi auto dan bahkan full auto, tetapi untuk kekuatan yang dihasilkan tidak begitu besar sehingga hanya bisa digunakan untuk small game saja. Selain itu, harga dari senapan angin CO2 ini bisa dibilang sangat mahal.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang 5 jenis senapan angin. Informasi yang saya berikan  ini sangat penting sekali khususnya bagi Anda yang sedang mencari jenis senapan angin terbaik. Sehingga bisa dijadikan sebagai referensi atau gambaran sebelum menentukan jenis senapan angin yang pas dan cocok untuk Anda gunakan nantinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*